Kamis, 21 November 2019

REDIRECT, BLOCKING CONTENT DAN SCHEDULER PADA MIKROTIK



Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial me-redirect, blocking website dan content mp3 mp4, membuat schedule internet, IP dilarang ping ke router dan membuat hotspot virtual agar bisa memancarkan sinyal internet layaknya Wifi temen-temen dirumah. Berikut langkah-langkahnya ;

1. Karena kita belum memberikan IP ke router jadi, kita login ke WinBox dengan MAC Address.


2. Buat security profile untuk password hs android. Nyalakan Wlan1, lalu scan hs android anda dan hubungkan lalu masukan security profile yang baru kita buat.


3. Buat eth1-eth3 menjadi satu IP dengan buat Brigde, masukan port eth1-eth3. Berikan IP untuk bridge yang baru dibuat. Setelah itu, atur DHCP Client untuk Wlan1 agar dapat IP dari hs android.


4. Atur DHCP Server untuk bridge1 agar bisa memberikan IP ke client. Pada saat pemberian IP, ubah 254>100 sesuai topologi.(di gambar sudah saya ubah 254>100)


5. Buat DNS, agara bisa menggunakan DNS router, centang Allow Remote Req.  Lalu buat NAT untuk mengakses jaringan luas. Buat webproxy, masukkan alamat email kalian, buat webproxy access untuk konfigurasi topologi. Buat firewall filter rules untuk redirect lalu lakukan pengetesan redirect dan blocking.



6. Buat filter rules untuk scheduler, lalu atur SNTP Client dan waktu sesuai zona kalian. Lakukan pengetesan scheduler dengan memainkan zona waktu.


7. Buat filter rules untuk melarang IP 1-50 ping ke router dan lakukan pengetesan sebelum membuat filter rules dan sesudah membuat filter rules.


8.  Buat Wlan2 dan berikan IP untuk Wlan2 serta buat Wlan2 menjadi hs agar bisa memancarkan sinyal, hubungkan dan masukan user agar bisa login ke hs Wlan2.


9. Kalian telah berhasil melakukan konfigurasi redirect, blocking, scheduler, ip dilarang ping serta Wlan2 dijadikan hs.

Jika langkah-langkah ini kurang kalian mengerti, bisa dilihat dari link video dibawah ini untuk yang lebih lengkap.
https://youtu.be/YyH28DmnVg4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komunikasi data

Komunikasi Data Pengertian Komunikasi Data Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih alat...